Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Macam-macam Processor Komputer

Pengertian Processor Komputer

Processor merupakan otak Komputer, sehingga perangkat ini menjadi sangat penting sekali dalam komputer. Processor akan mengatur semua proses yang dikerjakan oleh komputer, selain itu cepat atau lambatnya komputer juga dipengaruhi oleh jenis processor yang digunakan.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Processor Komputer

Di Indonesia, mungkin processor yang paling sering kita jumpai adalah processor jenis Intel dan Processor jenis AMD. Kedua processor ini digemari karena mempunyai kehandalan dan kemampuan yang bagus dalam pemrosesan. Sebenarnya ada beberapa macam processor yang beredar dipasaran, akan tetapi mungkin kita jarang menemuinya. Berikut adalah macam-macam processor pada komputer:

1. Processor Intel
Processor jenis ini memang sangat digandrungi oleh masyarakat. Processor yang dikembangkan oleh Intel Corporation ini mempunyai kemampuan tahan terhadap panas. Selain itu Processor yang dibuat pada tahun 1968 ini Mempunyai turbo bost yang berguna untuk meningkatkan performa dan kecepatan. Seperti pada  jenis Core I3, I5 dan I7.

2. Processor AMD
AMD atau Advanced Micro Device merupakan processor pesaing Intel. Processor ini sering digunakan dalam komputer game karena mempunyai kecepatan yang lebih baik. Akan tetapi processor jenis ini lebih boros listrik dibandingkan dengan processor Intel sehingga menjadi lebih cepat panas.

Baca juga: Jenis-jenis Processor AMD (Advanced Micro Devices)

3. Processor ARM
Processor ARM mungkin jarang sekali kita jumpai di Indonesia, karena memang perangkat ini digunakan pada Handphone, Misic Player dan perangkat Router.

4. Processor CYRIX
Processor jenis ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1988. Processor ini tidak banyak diminati oleh masyarakat karena kwalitas dibawah Intel dan AMD. Akan tetapi CYRIX mempunyai kecepatan yang optimal dan tahan terhadap panas.

5. Processor TRANSMETA
Processor ini sebenarnya mempunyai kemampuan yang sangat baik karena hanya membutuhkan daya yang relatif sedikit dengan harga yang lebih murah. Selain itu Processor yang diproduksi tahun 1995 ini juga tahan terhdap panas.

6. Processor VIA
Processor ini pertama kali diproduksi pada tahun 1987 oleh Negara Taiwan. Dan lebih difokuskan untuk menjalankan perangkat yang lebih ringan dan relative kecil.

7. Processor CENTAUR
Processor yang dikembangkan oleh Glen Henry dkk ini masih kalah kemampuannya dengan processor jenis VIA. Processor CenTaur dibuat pada tahun 1995.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

1 comment:

  1. Wah, ternyata dulu banyak processor yang sekarang kurang dikenal. Cyrix,Centaur dan transmeta ane baru denger hehe

    ReplyDelete

Google+ Followers