Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Macam-macam Web Hosting

Pengertian Web Hosting

Web hosting adalah sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan data sebuah website. Web hosting ini memungkinkan kita atau orang lain dapat mengakses data dari web site kita. Ini akan memudahkan para pengguana komputer untuk dapat saling bertukar informasi dan data. Para pengguna cukup menggunakan layanan internet untuk bisa terhubung dan mengakses web site kita.

Sekarang sudah sangat banyak sekali jasa penyewaan hosting diinternet, bahkan beberapa perusahaan tertentu menawarkan sejuta kelebihan dalam paket hosting mereka. Para perusahaan juga berlomba - lomba dalam menawarkan hosting mereka. Dengan harga yang lebih murah bahkan juga ada bonus atau hosting yang disediakan secara gratis.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Web Hosting


Jenis-jenis dan Type Web Hosting

Sebelum anda menyewa sebuah hosting diinternet, anda harus tahu lebih dulu macam - macam hosting. Berikut adalah macam-macam hosting, jenis dan typenya:

1. Free Hosting
Free Hosting adalah sebuah layanan web hosting yang disediakan secara gratis. Anda hanya diminta untuk mendaftarkan diri dengan mengisikan biodata diri dan email anda. Selanjutnya anda akan mendapatkan balasan email konfirmasi bahwa anda sudah menjadi anggota dan sudah memiliki akses pada web hosting tersebut. Pada Free Hostign biasanya perusahaan akan memberikan batasan kapasitas dari layanan kita sehingga kita disarankan untuk melakukan upgrade pada hosting yang premium.

2. Shared Hosting
Shared Hosting adalah layanan web hosting berbayar yang ditawarkan oleh perusahaan jasa web hosting. Kelebihan dari web hosting jenis ini adalah harganya yang sangat murah. Para pengguna biasanya diminta untuk memilih paket hosting yang akan disewa misalnya dengan kapasitas 10 MB, 25 MB, 50 MB, 100 MB dan seterusnya.

Pada dasarnya penyedia layanan web hosting ini akan menyediakan sebuah server dan sumberdaya yang digunakan seperti harddisk dan memori. Kemudian server tersebut akan dipakai bersama-sama oleh beberapa orang user bahkan puluhan. Kebanyakan layanan web hosting yang ada diIndonesia menyediakan layanan web hosting jenis ini, karena harganya relatif lebih murah. Akan tetapi jika anda mempunyai web site dengan pengunjung yang ramai dan banyak maka disarankan untuk menggunakan layanan web site yang lain.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Domain

3. Reseller Hosting
Reseller hosting merupakan layanan yang diberikan oleh perusahaan web hosting kepada para membernya untuk dapat mengundang teman dan bergabung dengan web hosting mereka. Web Hosting jenis ini biasa disebut dengan makelar dari web hosting.

Perusahaan akan memberikan komisi kepada seseorang yang dapat mengajak teman atau orang lain untuk bergabung dan mendaftar di layanan web hosting perusahaan tersebut. Web hosting ini sangat cocok untuk orang yang menggeluti bisnis dibidang web hosting tetapi belum mempunyai modal untuk membentuk perusahaan layanan web hosting sendiri.

4. VPS (Virtual Private Server) Hosting
VPS adalah sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk menyewa server utuh. sehingga kita bisa mengelola sesuai dengan keinginan kita. Hosting jenis ini memiliki kelebihan yaitu kita dapat memiliki akse pada root, pemilihan sistem operasi yang digunakan, penginstalan aplikasi sendiri yang dapat digunakan untuk beberapa web site sekaligus.

Para penyedia VPS biasanya akan memberikan batasan bandwith, memori dan kapasitas hardisk. layanan web hosting jenis ini cocok untuk web site skala menengah.

5. Dedicated Hosting
Dedicated Hosting  merupakan sebuah layanan web hosting yang memungkinkan pelanggan untuk dapat menyewa server kepada perusahaan penyedia layanan. Kelebihan dari layan ini adalah pelanggan dapat menggunakan sever dan sumber daya yang ada sesuai dengan kemauan sendiri seakan-akan pelanggan tersebut memiliki server tersebut.

Biasanya penyedia layanan akan menyediakan server kepada para pelanggan sehingga pelanggan dapat menggunakan server tersebut sesuai dengan kebutukan mereka.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi VPN (Virtual Private Network)

6. Colocation Hosting
Colocation Hosting merupakan layanan web hosting yang paling mahal. Karena disini perusahaan penyedia layana n hanya menyediakan tempat dan sarana pendukung saja. Sedangkan pelanggan akan menyediakan server mereka sendiri untuk bisa beroperasi.

Layanan web hosting jenis ini sangat cocok untuk perusahaan yang besar yang mempunyai trafik yang sangat tinggi.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

8 comments:


  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto, musik, video, film dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis

    ReplyDelete
  2. Tolong sumber nya di cantumin gan ( Blog DimensiData)!!!

    Makasih

    ReplyDelete
  3. Klo VPS tu masuknya apa yaa?http://tjcomputama.com

    ReplyDelete
  4. Lumayan banyak ya pilihanya..

    ReplyDelete
  5. wahh, saya baru tahu loh.. makasih banyak buat infonya, semoga bermanfaat bagi para pembaca termasuk saya. perbanyak artikelnya supaya banyak visitor yang betah berkunjung disini.

    ReplyDelete
  6. Bluehost is one of the best hosting company with plans for all of your hosting needs.

    ReplyDelete

Google+ Followers