Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan Fungsi Microsoft .Net Framework pada Windows

Pengertian Microsoft .Net Framework pada Windows

Microsoft .Net Framework adalah sebuah peragkat lunak pada komputer(software komputer) yang digunakan untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi programdari berbagai macam bahasa pemrograman dan sekumpulan library agar sistem operasi windows dapat menjalankan sebuah aplikasi.

Pada aplikasi tertentu biasanya, saat kita melakukan instalasi aplikasi tersebut maka akan ada pesan peringatan untuk melakukan update dari net framework atau melakukan install ulang kembali net framework yang sudah ada. itu menandakan bahwa aplikasi tersebut membutuhkan dukungan dari net framework versi tertentu. Untuk itu biasanya microsoft juga menyediakan layanan untuk pengguna windows agar dapat mengunduh dan melakukan update net framework terbaru.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Driver Pada Komputer


Fungsi .Net Framework pada Windows

Fungsi utama dari .Net Framework pada windows adalah sebagai penterjemah dan pengeksekusi sebuah perangkat lunak agar dapat berjalan pada sistem operasi windows. Sebenarnya tidak semua aplikasi membuthkan net framework versi terbaru atau tidak perlu melakukan install net framework. Akan tetapi pada beberapa kasus pada saat melakukan installasi aplikasi kita diwajibkan untuk melakukan installasi .Net Framework terlebih dahulu agar bisa menjalankan atau melakukan intallasi aplikasi tersebut.

Untuk mendapatkan .Net Framework kita bisa mengunduh langsung dari situs https://www.microsoft.com kemudian download .Net Framework sesuai versi yang anda inginkan. Kita bisa melakukan install secara online atau bahkan secara offline tergantung dari aplikasi .Net Framework yang kita unduh.

Baca Juga: Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Menginstall Sistem Operasi

Cara Kerja Microsoft .Net Framework pada Windows

Cara kerja dari .Net Framework pada windows sangat simpel sekali. Mungkin gambaran umum dari cara kerja dari .Net Framework yaitu:

APLIKASI .NET --> .NET FRAMEWORK --> OS WINDOWS

Biasanya pada sistem operasi windows sudah ada .Net Framework standart bawaan dari windows, Akan tetapi ada beberapa aplikasi yang mengharuskan melakukan intall ulang kembali .Net Framework versi terntentu untuk dapat menjalankan aplikasi.



Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

1 comment:

  1. Windows 7 support is over, but there's no doubt, As Windows 7 is the most recommended OS, Which through user can do almost all work without any problem, Where I recommend you to activate your OS being purchased its license code from ODosta Store
    After OS activation, You can easily get windows 10 remote tech support to run all old programs and get windows 10 updates.
    You can upgrade your existing OS to windows 10, But you can face some technical issues, So I recommend you to have clean installation of Windows 7 or Windows 10 and activate it using legal license.

    ReplyDelete

Google+ Followers