Perbedaan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)dan HTTPS (HTTP Secure) pada Jaringan Komputer

Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (HTTP Secure)

Ketika kita mengakses website tertentu pada browser tentunya sebelum nama domain maka pada url akan terdapat tulisan http://namadomain atau https://www.namadomain. Sekarang yang menjadi pertanyaan apa perbedaan antara http:// dan https://? karena kalau kita lihat website-website profesional dan cenderus besar hampir semua menggunakan https://.


Sebelum kita mengetahui perbedaan antara http:// dan https:// kita wajib tahu terlebih dahulu apa itu http dan https. Berikut ulasan http dan https secara singkat:

Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah sebuah protocol dalam jaringan komputer yang digunakan untuk pengiriman paket data kedalam www (world wide web). Selain itu HTTP adalah sebuah protocol jaringan yang digunakan sebagai komunikasi data dalam dunia internet untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif dan menggunakan hypermedia.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol) Pada Jaringan Komputer

Pengertian HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)
HTTPS atau HTTP Secure adalah protocol http versi aman atau protocol komunikasi yang aman dalam jaringan karena http Secure membuat perintah atau data yang melalui protocol ini akan  dilindungi dengan sistem encryp (enkripsi data) melalui berbagai format sehingga akan menyulitkan para hacker untuk mencuri informasi.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) Pada Jaringan Komputer

Perbedaan HTTP dan HTTPS Pada Jaringan Komputer

1. Port yang digunakan oleh http dan https
Perbedaan utama antara http dan https adalah terletak pada port yan digunakan. Pada dasarnya port yang digunakan oleh protokol http adalah port 80 sedangkan port yang digunakan untuk protokol https adalah port 443.

Baca Juga: Macam-macam Protocol yang paling sering digunakan dalam jaringan Komputer

2. Cara Kerja dari HTTP dan HTTPS
Selainport yang digunakan perbedaan juga terdapat pada cara kerja dari kedua protocol tersebut dalam mengirimkan paket data. Pada dasarnya HTTP dan https sama-sama protokol yang digunakan untuk mengiriman paket data akan tetapi https adalah versi aman dari http sehingga bisa diartikan HTTP tidak memberikan pengamanan komunikasi anatar komputer server dan komputer client sedangkan https menambahkan pengamanan yang lebih dengan menggunakan sistem enkripsi sehingga antara client dan server dapat berkomunikasi dengan aman.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Protocol Pada Jaringan Komputer

3. Kelebihan HTTP dibandingkan HTTPS

  • Para pengguna akan merasa lebih aman karena data mereka akan terlindungi dengan baik yang mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung.
  • Mengamankan transaksi yang ada di website dengan enkripsi termasuk data kartu kredit, password, dll.
  • Website yang menggunakan https akan mendapatkan ranking SEO yang lebih baik dari Google.
  • Berhak menampilkan SSL Secured Seal di website.


Perbedaan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)dan HTTPS (HTTP Secure) pada Jaringan Komputer Perbedaan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)dan HTTPS (HTTP Secure) pada Jaringan Komputer Reviewed by Mujiono on 4:32 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.