Pengertian dan Macam Lensa Sebagai Aksesoris Kamera

Pengertian Lensa Sebagai Aksesoris Kamera

Apa itu lensa kamera? Lensa merupakan ujung tombak dari kamera. Bagus atau tidaknya hasil jepretan gambar hasil pemotretan sangat bergantung dari kualitas lensa yang dimiliki. Ketajaman detail, kontras, dan kualitas warna sangat dipengaruhi oleh kualitas lensa. Dalam hal ini lensa adalah faktor yang paling penting dalam menghasilkan kualitas foto.

Macam-macam Lensa Sebagai Aksesoris Kamera

Pada saat ini terdapat bermacam-macam jenis kamera, terutama kamera SLR, maka jenis lensa pun tentu berbeda dan sangat beragam selain itu jumlah maupun produsennya sangat banyak. Lensa tidak hanya diproduksi oleh pembuat kamera tapi banyak juga produsen yang khusus hanya memproduksi lensa. Berikut adalah macam-macam lensa pada kamera

1. Lensa Standar
Lensa ini dinamakan lensa standar karena lensa ini mempunyai fokus yang sesuai dengan pandangan mata manusia. Sudut pandang lensa ini sama dengan sudut pandang mata manusia, Jadi tidak menjauhkan obyek maupun mendekatkan objek. Fokus pada lensa standar adalah 50 mm.


Baca Juga: Penegrtian dan Fungsi Blitz Sebagai Aksesoris Kamera

2. Lensa Sudut Lebar
Lensa sudut lebar atau bisa disebut juga dengan Wide Angle Lens. Dengan lensa ini memungkinkan kita dapat menangkap obyek lebih banyak. Hal ini dikarenakan sudut lensa ini lebih lebar, sesuai dengan namanya Wide Angle Lens yaitu Lensa Sudut Lebar. Dengan menggunakan lensa ini maka obyek menjadi lebih jauh dan mengecil. Fokus pada lensa ini adalah 17 mm, 20mm, 24mm, 28mm dan 35mm.


3. Lensa Mata Ikan
Lensa mata ikan atau biasa disebut juga dengan Fish Eye Lens. Mengapa dinamakan Fish Eye Lens? karena lensa ini sesuai dengan bentuk dari lensa ini yang memiliki permukaan yang sangat cembung seperti mata ikan koki yang melotot. Lensa ini sebenarnya dapat dikategorikan sebagai Lensa Sudut Lebar namun karena dia memiliki sudut yang sangat lebar dan memiliki titik fokus yang begitu pendek yaitu 14 mm, 15 mm atau 16 mm dan bentuknya yang melotot seperti mata ikan maka dinamakan Lensa Mata Ikan atau Fish Eye Lens.


4. Lensa Tele
Lensa Tele merupakan lensa yang paling banyak digemari oleh paparazi karena dengan menggunakan lensa ini memungkinkan fotografer bisa menangkap dan mendekatkan jarak obyek. Dengan menggunakan lensa tele, obyek yang jauh dapat terlihat lebih dekat.


Baca Juga: Operasi Dasar Penggunaan Kamera

5. Lensa Zoom
Pada saat sekarang ini lensa zoom merpakan lensa yang paling populer karena lensa ini sangat praktis. Dengan memiliki sebuah lensa zoom itu sama artinya dengan memiliki beberapa buah lensa, karena kemampuan lensa ini yang dapat merubah titik fokusnya. Dengan kelebihan yang dimiliki
lensa ini, kita tidak perlu membawa lensa terlalu banyak dan tidak perlu lagi mengganti-ganti jenis lensa apabila hendak hunting foto. Ukuran lensa zoom bervariasi seperti 28-80mm, 35-70, 80-200mm, 70-300mm.


Pengertian dan Macam Lensa Sebagai Aksesoris Kamera Pengertian dan Macam Lensa Sebagai Aksesoris Kamera Reviewed by Teori Komputer on 8:19 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.