Pengertian, Fungsi dan Implementasi Computer Vision

Pengertian Computer Vision

Apa itu Komputer Vision? Mungkin beberapa orang sangat asing sekali dengan istilah komputer vision. Kebanyakan orang hanya tahu apa itu komputer saja. Akan tetapi seiring perkembangan komputer seperti sekarang ini komputer mulai dikembangkan menjadi lebih canggih.

Computer Vision adalah suatu ilmu dalam teknik informatika yang memungkinkan sebuah komputer dapat melihat obyek atau benda yang ada disekelilingnya. Sehingga dengan mampu melihat obyek yang ada disekitarnya maka komputer mampu menganalisis benda atau gambar yang ada didepannya sehingga informasi tersebut dapat diterima dan bisa menghasilkan perintah tertentu.

Sebagai contoh implementasinya adalah penggunaan Scan QR dimana ketika kita melakukan scan QR maka akan memberikan perintah atau kode khusus ke komputer.


Baca Juga: Perbedaan Web Developer dan Web Programer

Fungsi Computer Vision

Computer Vision memiliki banyak fungsinya sehingga mampu membantu meringankan pekerjaan manusia. Berikut adalah fungsi dari Computer Vision

a. Memperoleh Informasi Yang Lebih Jelas sehingga Mengurangi Terjadinya Kesalahan
Dengan memanfaatkan Computer Vision kita mampu mengetahui obyek menjadi lebih jelas. Seperti halnya pada penggunaan kamera sehingga mampu menangkap obyek atau gambar menjadi lebih jelas.

b. Meningkatkan Kualitas Gambar
Dengan menggunakan Computer Vision gambar atau foto yang diambil menggunakan kamera menjadi lebih jelas dan jernis. Hal tersebut dinamakan image processing sehingga dengan adanya image processing ini memungkinkan untuk dapat mengurangi noise yang pada gambar.

c. Mampu Menganalisis 
Computer Vision memungkinkan komputer dapat menganalisis proses selanjutnya. Sebagai contoh adalah penggunaan mesin scanner selain dapat digunakan untuk menangkap gambar tetapi sistem komputer juga mampu untuk memproses untuk langkah selanjutnya.

d. Komputer Dapat Memahami Gambar atau Obyek
Dalam dunia industri seperti manufaktur, keberadaan computer vision akan sangat membantu proses produksi suatu barang. Sehingga dengan computer vision memungkinkan komputer dapat memahami apa yang harus dilakukan tanpa harus melalui campur tangan manusia. Hal ini berkaitan dengan teknik Artificial Interlligent.

Baca Juga: Perbedaan Teknologi komputer dan Teknologi Komunikasi

3. Penerapan Komputer Vision

Dengan adanya penemuan seperti Computer Vision ini diharapkan dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Berikut adalah Implementasi dari Computer Vision

a. Implementasi Computer Vision Pada Bidang Matematika
Computer vision mempunyai hubungan yang sangat erat dengan bidang ilmu matematika. terutama pada bagian statistik, geometri dan juga optimasi. Bagian-bagian dalam matematika tersebut sangat berhubungan dengan komputer. Hal ini berkaitan dengan kecepatan proses data agar tidak memakan waktu yang lama.

b. Implementasi Computer Vision Pada Bidang kecerdasan Buatan
Penerapan Computer Vision pada bidang kecedasan buatan mungkin sangat sering kita jumpai seperti halnya robot, absen sidik jari, scan foto, dan hal-hal lainnya
Pengertian, Fungsi dan Implementasi Computer Vision Pengertian, Fungsi dan Implementasi Computer Vision Reviewed by Unknown on 3:25 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.