Pengertian dan Teknik Animasi 2D

Pengertian Animasi dan Animasi 2D

Animasi adalah sebuah gambar bergerak yang terbentuk dari berbagai kumpulan obyek atau gambar yang disusun secara beraturan untuk mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap segmen atau tiap waktu yang terjadi.

Seiring perkembangan dari animasi itu sendiri, maka animasi dibedakan menjadi animasi 2D dan animasi 3D. Animasi 2D adalah sebuah animasi yang menggunakan sketsa gambar yang digerakan satu persatu sehingga gambar tersebut tampak seperti nyata dan bergerak. Gambar animasi 2D dapat menggunakan gabar jenis vektor ataupun bitmap



Baca Juga: Pengertian dan Macam Lensa Sebagai Asesoris Kamera

Teknik Animasi 2D

Pengertian animasi secara konsep adalah sebuah proses merekan dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk bisa mendapatkan ilusi pergerakan dari gambar tersebut. Berdasarkan teknik dalam pembuatan animasi 2D, Animasi 2D dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu sebagai berikut:

1. Teknik Animasi Manual (Cell Animation)
Teknik Animasi Manual adalah sebuah teknik animasi yang paling lama dari segi usia. Pada teknik ini animasi 2D dibuat dari rangkaian gambar yang dibuat dari lembaran celluloid (lembar transparan) yang berlapis-lapis.

Pada pembuatan animasi tradisional setiap gerakan digambar satu per satu diatas cell. Obyek utama yang mengekploitasi gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan latar depan yang statis. Dengan demikian background dan latar depan hanya dibuat sekali saja. hal ini digunakan untuk menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.

Baca Juga: Operasi Dasar Penggunaan Kamera

2. Teknik Animasi 2D komputer
Seiring perkembangan teknologi informasi dan komputer pembuatan animasi dapat dilakukan menggunakan komputer. Pada pembuatan animasi 2D sederhana, mulai dari perancangan model yang pengisian suara (dubbing) dapat dilakukan dengan menggunakan komputer. Dalam hal ini tentunya sangat membantu sekali dalam pembuatan animasi, selain itu juga hasil animasi 2D komputer terlihat lebih bagus. Selain itu dalam pembuatan animasi 2D komputer memungkin kita untuk dapat melakukan perubahan dengan cepat jika terjadi kesalahan.
Pengertian dan Teknik Animasi 2D Pengertian dan Teknik Animasi 2D Reviewed by Mujiono on 12:16 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.