Pengertian Manajemen Aplikasi pada Fungsi Sistem Operasi

Pengertian Manajemen Aplikasi 

Setelah membahas fungsi sistem operasi sebagai pengendali akses dari perangkat keras komputer di artikel sebelumnya (Baca Juga: Pengertian manajemen Perangkat Keras pada Fungsi Sistem Operasi), kali ini kami akan membahas tentang fungsi lain dari sistem operasi komputer yaitu sebagai manajemen aplikasi (pengelolaan aplikasi user). Sistem operasi merupakan wadah dari setiap aplikasi yang akan diinstall pada komputer, dan sistem operasi pula yang mengelola dan mengatur kinerja dari aplikasi, baik itu untuk pemrosesan ke perangkat keras, interface pada user termasuk penyimpanan database dari aplikasi tersebut.

Baca Juga: Fungsi Sistem Operasi Pada Komputer


Setiap perangkat lunak aplikasi yang dijalankan oleh sistem operasi akan mencari lokasi file program tersebut lalu memindahkan isinya ke memori untuk kemudian mengirimkan setiap perintah pada file tersebut untuk dijalankan oleh komputer. Setiap aplikasi yang terinstall pada komputer akan masuk di data program files dan sistem operasi juga akan memberikan pemintas dari aplikasi tersebut sehingga user dapat menjalankan program aplikasi dengan cepat. Aplikasi user disini merupakan aplikasi yang digunakan oleh user untuk menyelesaikan suatu tujuan tertentu misalnya: microsoft word, microsoft excel, winamp, google chrome, antivirus, dll. Kita bisa melihat aplikasi apa saja yang terinstall pada komputer dengan masuk ke menu Control panel. Disana kita bisa melihat aplikasi apa saja yang ada pada komputer, dan disitu pula kita bisa menghapus aplikasi dari komputer kita.

Baca Juga: Sejarah Sistem Operasi Komputer

Fungsi manajemen pada aplikasi user ini dapat meliputi:

  • Install, proses menempatkan file-file program pada sistem komputer termasuk konfigurasi program tersebut. Pada saat melakukan installasi aplikasi kita harus menjalankan .exe pada program.
  • Uninstall, proses untuk menghapus file-file program beserta konfigurasi dari komputer.
  • Update/Upgrade, proses untuk memperbarui file-file dari program yang telah terinstall.
Pengertian Manajemen Aplikasi pada Fungsi Sistem Operasi Pengertian Manajemen Aplikasi pada Fungsi Sistem Operasi Reviewed by Mujiono on 10:24 AM Rating: 5

2 comments:

  1. Kalau bisa diberikan nama penulis dan waktu penulisan, seperti tanggal/bulan/tahun dan jam

    ReplyDelete
  2. I'm using AVG security for a couple of years now, I'd recommend this solution to everybody.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.