Cara Membuat Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih yang saling bertukar informasi dan data. Dengan adanya jaringan komputer akan memudahkan perpindahan data dan informasi dari satu komputer ke komputer lain sehingga administrator dan user tidak perlu lagi berpindah dari satu komputer ke komputer lain untuk memindahkan data atau mengcopy data.

Dalam arti yang lebih luas jaringan komputer adalah kumpulan dari sejumlah terminal komunikasi baik itu host, server, client, switch, hub, modem, repeater, access point dan lain-lain yang saling terhubung satu sama lain sehingga antar host bisa saling bertukar informasi dan data. Pada istilah ini jaringan sudah sangat luas karena bisa mencakup banyak komputer/host di berbagai negara.

Baca Juga: Tutorial Jaringan Komputer | Pengertian dan Fungsi Jaringan Komputer Beserta Macamnya

Fungsi dan Manfaat Jaringan Komputer

Fungsi utama dari jaringan komputer adalah memudahkan pertukaran data dan informasi sehingga informasi dapat dengan cepat dikirim dan diterima oleh banyak orang diseluruh dunia. Berikut adalah manfaat dibangunya jaringan komputer:

  1. Jaringan komputer akan memudahkan pertukaran file dan informasi diseluruh dunia, mengirim pesan, berita dan informasi
  2. Jaringan komputer dapat melakukan pengiriman pesan dan informasi dengan sangat cepat dan efisien
  3. Jaringan komputer memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang diseluruh dunia meskipun letaknya sangat jauh
  4. Jaringan komputer memudahkan kita untuk mencari informasi dari kejadian diseluruh dunia melalui internet
  5. Jaringan komputer akan memudahkan kita untuk dapat menggunakan perangkat secara bersama-sama, baik itu perangkat utama (hardisk, dll) dan perangkat peripheral (printer dan scan)

Cara Membangun Jaringan Komputer

Untuk membuat jaringan komputer, terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi kebutuhan yang akan kita gunakan, apakah kita hanya membuat jaringan lokal atau terkoneksi dengan internet karena tentunya akan membutuhkan alat dan bahan yang berbeda. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas membuat jaringan komputer paling sederhana dimana minimal ada 2 komputer atau lebih yang bisa terhubung ke jaringan komputer. berikut adalah langkah-langkah untuk membuat jaringan komputer:

Baca Juga: Tutorial Jaringan Komputer | Pengertian dan Fungsi Router Pada Jaringan Komputer

1. Menentukan Topologi Jaringan Komputer
Topologi jaringan bisa diartikan juga sebagai rancangan dari desain jaringan. Dengan menentukan topologi jaringan terlebih dahulu akan memudahkan kita untuk menganalisis kebutuhan alat dan bahan yang akan diperlukan untuk membangun jaringan komputer. Pada topologi ini yang akan kita bangun adalah 3 komputer yang saling terhubung dengan switch. sehingga secara teori topologi jaringan yang kita gunakan adalah topologi star.


Baca Juga: Tutorial Jaringan Komputer | Pengertian dan Fungsi Topologi Jaringan Komputer Beserta Macam-macamnya

2. Menentukan alat dan bahan membuat jaringan Komputer
Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat jaringan komputer sesuai dengan topologi jaringan yang ada diatas.

  • Komputer merupakan host yang digunakan sebagai alat komunikasi dan pengolah data dimana pengguna akan bisa bertukan informasi melalui komputer tersebut
  • Switch adalah pembagi jaringan yang akan terhubung ke komputer host sehingga switch ini mempunyai peran sangat penting dalam jaringan komputer.
  • Baca Juga: Tutorial Jaringan Komputer | Pengertian dan Fungsi Switch Pada Jaringan Komputer
  • Kabel jaringan berfungsi untuk menghubungkan antara switch dengan komputer host. Kabel yang digunakan pada jaringan ini adalah kabel UTP dengan model straight
  • Konektor RJ 45 digunakan untuk menghubungkan kabel dengan port RJ 45 yang ada pada komputer
  • Tang Krimping berfungsi untuk krimping kabel dengan konektor RJ 45
  • LAN Tester berfungsi untuk melakukan pengecekan terhadap koneksi kabel

Baca Juga: Tutorial Jaringan Komputer | Pengertian dan Fungsi HUB Pada Jaringan komputer

3. Prosedur Kerja

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan letak dari switch dan komputer karena nanti akan berpengaruh pada panjang pendeknya kabel yang akan digunakan.
  2. Selanjutnya adalah potong kabel sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Karena nanti semua komputer akan terhubung ke switch maka pastikan letak switch bisa dijangkau oleh semua komputer.
  3. Langkah ketiga adalah kriping kabel dan konektor meggunakan tang krimping. Pastikan urutan kabel sudah benar yaitu straight yang artinya antara ujung kabel 1 dan ujung kabel satunya mempunyai urutan yang sama.
  4. Cek koneksi kabel dengan LAN Tester
  5. Selanjutnya hubungkan kabel ke komputer dan switch sehingga komputer bisa saling terhubung
  6. Beri Ip Address pada komputer dengan network yang sama. Misalnya: komputer 1: IP - 192.168.1.2 netmask - 255.255.255.0, Komputer 2: IP - 192.168.1.3 netmask - 255.255.255.0
  7. Kemudian cek koneksi jaringan dengan melakukan ping ke alamat host yang dituju.

Catatan: Pada tutorial ini hanya membahas membuat jaringan komputer tanpa terhubung ke internet sehingga hanya bisa diterapkan pada jaringan lokal. Jika ingin menghubungkan dengan internet tinggal menambahkan modem yang terhubung ke switch dan setting ulang ip address sesuai dengan jaringan yang diberikan oleh ISP

Cara Membuat Jaringan Komputer Cara Membuat Jaringan Komputer Reviewed by Mujiono on 5:56 PM Rating: 5

3 comments:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat bang,

    Dengan cara ini maka dapat share data dengan mudah dan flexible.

    Salam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.